Pages

Sunday 22 February 2015

PENGALAMAN PRIBADI MEMULAI USAHA

PENGALAMAN PRIBADI MEMULAI USAHA




Memulai usaha kadang gampang-gampang susah. Pasti kebayang dong langkah apa yang bakal saya tempuh. Awalnya saya  menggeluti bisnis Fashion. Hmm, belum merk pribadi sih, tapi dengan usaha untuk re-post gambar dengan harga sendiri, merupakan langkah awal saya menggeluti bidang ini. Tentunya setelah nyoba cari suplayer dan konveksi2 dlu buat sumber produksi. Setelah itu saya coba dlu beli barangnya, dengan alasan; pengen liat kualitas barang n semoga konveksinya bukan abal-abal. Maka mulailah saya berjuang promosi sana-sini sebagai reseller. Via internet, sosmed, dan kadang face to face ke tetangga. Ternyata disini saya belajar mikirin n bertindak layaknya marketer. Ciee ileee.. bahasanya tinggi yee.. Tapi jangan salah. Dunia Marketing ternyata membuat kita melahirkan ide-ide baru (kadang sie saya juga nyontek cara2 promo nya rekan), mencoba hal-hal gila yang selama ini gak pernah kepikiran kita lakuin. Jadilah saya mulai toko online pertama dengan nama ShashadeLovia.

Adapun produk pertama yang kami jual dulunya hanya satu jenis aja, yaitu Knit/Rajut. Seiring berjalannya waktu, akhirnya saya mulai merambah mode fashion lainnya. Berbagai macam mode ini pun saya kategorikan lagi ke dalam Mode Baju Tidur, Kemeja n Cardigan, Rok dan Celana, Khusus XL, Knit/Rajut, Dress, Atasan. InsyaAllah, Maret 2015 ini saya mau menambahkan Hijab sebagai salah satu produk andalan saya.

Menganalisa pembeli, saya pun menilik anak-anak, remaja dan dewasa. Oya, saya lupa bilang kalo pas pertama kali, setelah louncing Rajut/Knit, beberapa bulan setelahnya saya juga nambah produk anak-anak. Kayak Jeans anak, Legging anak, Kaos Salur anak, dan Kemeja anak.

Balik lagi ke hal tadi, menganalisa pembeli. Setelah saya Promosi, jadilah pembeli pertama itu temen saya, ambil Pakaian rajut. Berikutnya ada lagi yang ambil pakaian anak; kaos n jeans anak. Dan kebelutan moment mau Lebaran, saya pun nambah stok barang. Dan Alhamdulillah, modal awalnya sudah balik. Yeeeeeyyyy... 

Sekarang saya berencana melebarkan usaha dibidang kuliner. Dimana kebetulan keluarga ada bangunan toko di tepi jalan deket persimpangan. Setelah saya dan suami (n keluarga besar) analisa, sepertinya klo Toko Online saya di Toko kan di sana, bukan segmentasi pasarnya. Jadilah keputusan kami semua untuk memulai usaha dengan modal bangunan strategis tadi, dengan usaha kuliner.

Saya pun eksplor sana sini tentang bisnis kuliner yang menjanjikan, buat orang gak bosan, yang pas di daerah perlintasan dan persimpangan, yang bisa dikerjain ibu-ibu beranak satu kyk saya. Hehehehe.. Banyak ide-ide seliweran di otak saya. Tapi rasanya masih belum sreg juga. Akhirnya konsultasi sama suami, jadilah keputusannya saya mau buka usaha kuliner Kedai Roti. Taadaaa... Thank you Husband.

Nah, masalah kemudian yang timbul adalah, jenis roti apa? Kalau bikin jenis baru, memasarkan tu susah. Butuh bertahun-tahun. Setelah mikir panjang, akhirnya suami juga kasih ide, dengan meniru Brand Roti tertentu, dengan olahan sendiri dan nama sendiri. Yeeeeyyy... Ini nih suami sayang istri, dibantuin mulu mikirnyaa.. heheheh. 

Terus, apa gak bakal diejek tuh? Yaelaaah,, yang namanya usaha, meniru ide bisnis mah gak masalah, asal dengan pekerja dan brand sendiri. So, why not. 

Itu dulu mungkin sharing pengalamannya. Ikuti terus ya perkembangannya yaa.
See you...

ParadeLovia, Matransha Fashion Shop/ShashaSHOP.

No comments:

Post a Comment