Pages

Friday 6 March 2015

Agar anak tumbuh tinggi dan cerdas Penuhi Asupan Nutrisi

Agar anak tumbuh tinggi dan cerdas Penuhi Asupan Nutrisi

Secara umum anak-anak Indonesia lebih pendek di bandingkan dengan anak-anak di negara Eropa, rata-rata tinggi pria Indonesia 170 cm dan untuk wanita 160 cm. Pertumbuhan pada anak berkembang sejak masih janin sampai pada masa pubertas. Bagaimana agar anak tumbuh tinggi dan cerdas? Tips dibawah ini bisa membantu.
Coba latihan Peregangan
Latihan peregangan sangat tepat di lakukan pada anak di masa pertumbuhan khususnya anak usia remaja sedangkan pada usia balita belum boleh melakukan latihan latihan peregangan.
Rutin berolahraga
Hormon pertumbuhan akan bekerja dengan baik saat berolahraga. Kelenjar pituitari akan mengeluarkan hormon-hormon penting penunjang pertumbuhan dan hormon-hormon tersebut bekerja sangat baik jika rajin berolahraga. Olahraga renang dan basket samgat baik di lakukan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas dalam berpikir.
Waspadai obesitas pada anak
Jika anak mengalami kegemukan atau obesitas tentu akan menghambat pertumbuhannya. Tumpukan lemak di bawah kulit akan menghambat tubuh untuk menyerap kalsium, oleh karena itu berat badan ideal anak harus selalu dijaga dengan memperhatikan nutrisi dan pola makannya.
Stimulasi dengan sinar matahari pagi
Beberapa penelitian berkesimpulan bahwa sinar matahari pagi mampu menstimulasi dan meregenerasi vitamin D pada tubuh manusia. Sinar matahari pagi juga dapat mempercepat proses penyerapan kalsium sehingga memperkuat tulang.
Agar anak tumbuh tinggi dan cerdas Tingkatkan kualitas tidur pada anak
Kualitas tidur yang baik dapat memaksimalkan pertumbuhan dan tinggi badan pada anak. Karena pada saat tidur hormon pertumbuhan akan bekerja dengan baik, kualitas tidur yang baik di peroleh jika anak dapat tidur dengan pulas dalam waktu 7 sampai 8 jam tanpa terganggu.
Perhatikan asupan gizi
Agar anak tumbuh tinggi dan cerdas harus di perhatikan gizi dan nutrisi yang seimbang. Terutama asupan nutrisi seperti kalsium, Vitamin C, vitamin D, vitamin B, yodium, zinc, zat besi, protein dan asam amino. Zat-zat gizi tersebut banyak terkandung dalam buah-buahan, sayuran seperti bayam, wortel, kacang kedelai, telur dan susu.
Agar anak tumbuh tinggi dan cerdas dengan terapi hormon pertumbuhan
Jika anak sulit untuk tumbuh tinggi, terapi hormon pertumbuhan bisa jadi sebuah solusi untuk merangsang hormon pertumbuhan pada anak. Untuk pilihan yang terakhir ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.
Rutin mengkonsumsi susu kaya kalsium juga bisa membantu pertumbuhan tinggi anak, dengan rutin minum dua gelas susu pagi dan sore. Agar anak tumbuh tinggi dan cerdas tips diatas bisa di praktekkan tetapi harus di lakukan dengan menyenangkan jangan justru membuat anak terpaksa dan merasa tertekan.
Sebagai orang tua tentu kita ingin kesempurnaan buat buah hati kita , tumbuh tinggi saja tanpa di ikuti dengan kecerdasan emosional dan kognitif juga tidak baik. Diperlukan juga kecerdasan dalam berinteraksi atau kecerdasan sosial dengan teman-teman sebayanya , mampu berpikir kreatif dan mempunyai tanggung jawab.
Anak yang sehat dan cerdas merupakna aset sumber daya manusia Indonesia, yang kelak akan berguna untuk membangun bangsa.

No comments:

Post a Comment