Pages

Friday 6 March 2015

Manfaat Memberi Makan Ikan Pada 1000 Hari Pertama Anak

Manfaat Memberi Makan Ikan Pada 1000 Hari Pertama Anak

Seribu hari pertama kehidupan (HPK) manusia merupakan awal yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia selanjutnya.
Di saat itu, pondasi kesehatan menjadi sangat penting terutama dalam pemenuhan gizi dan perkembangan otak.
Masa ini kerap disebut golden periode atau periode emas yang tidak akan dapat diputar kembali. Sehingga setiap orangtua perlu memberikan perhatian lebih saat anaknya berada pada periode tersebut.
Saut Hutagalung, Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan menjelaskan dalam masa periode emas itu mengkonsumsi ikan menjadi sangat penting bagi anak.
Dalam rangka mempromosikan pemenuhan gizi asal ikan pada 1000 hari pertama kehidupan atau pada masa periode emas, Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) DKI menyelenggarakan safari peningkatan konsumsi ikan melalui menggelar masakan 50 jenis ikan dengan 400 macam jenis bumbu ala nusantara, di Museum Air Tawar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
"Ketersediaan ikan relatif mudah dijangkau oleh masyarakat dan setiap rumah tangga dapat membudidayakan ikan dalam lahan terbatas," kata Saut.
Periode Emas Bayi
Menurut Saut, ada beberapa alasan mengapa mengonsumsi ikan sangat penting pada masa periode emas anak. Diantaranya daging ikan kaya akan zat besi, calcium, protein dan asam lemak omega 3. Selain itu, khusus omega 3 pada ikan, melebihi 100 mg/100 gram daging ikan.
"Ini jauh di atas bahan pangan lain seperti daging sapi, ayam atau daging babi," kata Saut.
Alasan lainnya, protein pada ikan sangat mudah diserap tubuh sehingga mampu membantu pertumbuhan anak lebih optimal. Daging ikan juga berserat tipis dan lunak sehingga setiap anak mudah untuk memakan dan mencernanya. Selain itu kandungan gizi ikan sangat kompleks dan esensial bagi manusia.
"Dari alasan itu terlihat, bahwa ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi yang mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden periode atau 1000 hari pertama kehidupan dan ibu pada periode persiapan kehamilan, masa kehamilan hingga memberikan ASI," papar Saut.
Dengan gelaran acara yang diberi penghargaan Muri ini, kata Saut, diharapkan mampu mengedukasi masyarakat, khususnya para ibu tentang pentingnya memberikan ikan yang kaya akan protein dan omega 3 sehingga bermanfaat bagi anak sejak masa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan.
Ketua APJI DKI Jakarta, Sulasmiati Supardan, mengatakan pihaknya mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan konsumsi ikan Indonesia.

No comments:

Post a Comment