Pages

Friday 6 March 2015

Orang Tua, Sebaiknya Hindari Main Ponsel di Dekat Anak

Orang Tua, Sebaiknya Hindari Main Ponsel di Dekat Anak

Penggunaan gadget di zaman modern saat ini bukan hanya dimanfaatkan oleh kaum dewasa saja. Remaja dan anak-anak bahkan terlihat lebih piawai menggunakan teknologi canggih tersebut, terutama smartphone.
Tak hanya itu, anak-anak balita bahkan sudah pandai mengoperasikan game lewat gadget canggih. Hal ini sering menimbulkan pertanyaan, apakah anak usia dini sudah boleh diberikan gadget?
Melihat perkembangan saat ini, cara berpikir seorang anak bisa dilihat dari apa yang biasa dia mainkan. Misalnya, anak yang suka bermain di luar ruangan memiliki jiwa sosial dan emosional yang tinggi. Sedangkan anak dengan mainan gadget biasanya cenderung pasif di dunia sosial.
Menurut Dr. Kresno Mulyadi,Sp.Kj, psikiater anak berkebutuhan khusus dari Rumah sakit Omni Jakarta mengatakan bahwa anak boleh saja bermain gadget, tapi tetap didampingi.
"Orangtua seharusnya menjadi teladan, mengarahkan anak seperti filsafat yang dikemukakan oleh tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara,
ing ngarso sung tulodo," ujarnya saat ditemui di Rumah Sakit Omni Alam Sutera.
Untuk menanggulangi hal itu, Dr. Kresno menyarankan, orangtua sebaiknya tidak terlalu sering bermain smartphone di dekat anak-anak usia batita dan balita. "Karena pada usia itu anak masih perlu diperkenalkan dengan pensil, buku dan lainnya," ujarnya.
Jika orangtua sudah terlanjur membelikan gadget kepada anaknya, sebaiknya orangtua memberikan batasan waktu dua jam dalam sehari untuk menatap layar ponsel. (sumber : viva.co.id)

No comments:

Post a Comment