Pages

Friday 6 March 2015

CARA MEMBIASAKAN ANAK GOSOK GIGI SEJAK DINI

CARA MEMBIASAKAN ANAK GOSOK GIGI SEJAK DINI

Mengajarkan anak menggosok gigi terkadang sering terlupakan oleh orang tua dan di anggap tidak penting. Sesungguhnya manfaatnya lebih dari sekedar pendidikan namun dapat menjadi sebuah pengingat bagi orang tua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Cara membiasakan si kecil menggosok gigi demi kesehatan:
-Ajarkan menggosok gigi sejak dini
Usia dini adalah waktu yang paling tepat untuk mengajarkan si kecil agar mulai terbiasa untuk menggosok gigi. Sejak si kecil mulai tumbuh gigi biasanya mulai juga dia memasukkan sesuatu kedalam mulutnya, misalkan saja mainan. Padahal belum tentu mainan yang masuk ke mulut itu bersih.
-Biarkan si kecil memilih sikat gigi sendiri
Cara mengajak anak menggosok gigiSikat gigi untuk anak-anak memiliki banyak macam dan pilihan untuk memberikan daya tarik pada anak. Jadi, jika Anda ingin memulai mengenalkan pentingnya sikat gigi pada anak, ajak si kecil untuk membeli sikat gigi dan beri kebebasan untuk memilih sikat gigi model apa yang dia suka.
-Ajak Si kecil menggosok gigi bersama Anda
Dengan cara tersebut, Anda bisa mengajarkan bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar. Jika kita tidak mengajarinya, maka si kecil akan terbiasa gosok gigi dengan cara yang salah.
-Ceritakan sesuatu yang menarik tentang gigi
Anak kecil biasanya paling suka berimajinasi. Jadi manfaatkan rasa suka itu dengan menceritakan tentang gigi yang sehat dan kuat kepadanya, agar si kecil lebih tertarik untuk memiliki gigi yang sehat dan kuat. Beri pengertian pada si kecil bahwa jika dia ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat maka dia haruslah rajin menggosok gigi.
-Ajarkan si kecil untuk merawat sikat gigi
Selain mengajarkan anak agar terbiasa menggosok gigi, ajarkan juga kepadanya bagaimana kita harus memperlakukan sikat gigi dengan baik. Ajarkan si kecil menutup kepala sikat selesai dia menyikat gigi agar tidak terkena bakteri kemudian simpan sikat ditempat yang bersih. Ganti sikat gigi si kecil dengan sikat yang baru apabila bulu sikat sudah rusak.
Mintalah kepada si kecil untuk melakukan hal-hal yang baik setiap hari, dengan demikian si kecil akan terbiasa melakukannya. Semoga dengan cara itu si kecil sudah hafal dan terbiasa menggosok giginya. Jangan bosan juga untuk mengingatkan si kecil bahwa untuk kesehatan gigi kita harus membiasakannya dengan menggosok gigi.

No comments:

Post a Comment