Pages

Friday 6 March 2015

PENYEBAB DAN CIRI-CIRI ANAK SEDANG STRESS

PENYEBAB DAN CIRI-CIRI ANAK SEDANG STRESS

Dear Ayah Bunda,
Tak hanya orang dewasa yang bisa menderita stres. Anak-anak pun berpeluang mengalami stres. Harus diwaspadai karena stres berlebih termasuk salah satu gangguan kejiwaan.
Agar tumbuh kembang anak, terutama pertumbuhan mentalnya, tidak terganggu, maka sedapat mungkin anak-anak jangan dibiarkan menderita stres berkepanjangan. Berikut ini penyebab dan ciri-ciri seorang anak sedang stres.
Penyebab
- Perubahan besar
Perubahan besar di antaranya pindah ke rumah baru, pindah sekolah, atau apapun yang serbabaru dan memerlukan waktu untuk beradaptasi.
- Konflik keluarga
Terjadinya konflik dalam kehidupan berumah tangga tak dapat dihindari. Namun, sebagai orangtua, Anda harus bijaksana dalam menangani konflik. Hindari perselisihan di depan anak karena akan menyebabkan rasa keyakinan dan kepercayaan mereka hilang. Rumah seharusnya menjadi tempat bernaung yang memberi rasa aman dan nyaman.
- Jadwal kegiatan terlalu padat
Wajar jika orangtua menghendaki yang terbaik untuk anak-anaknya. Namun, ada kalanya orangtua jadi terkesan memaksakan kehendak dengan membebani anak jadwal kegiatan yang padat. Sebelum mengikutsertakan anak ke tempat les atau kegiatan di luar sekolah, sebaiknya tanya kepada anak apakah berminat. Tanyakan juga kepada diri Anda, apakah les tersebut diperlukan anak?
- Pekerjaan sekolah
Kegiatan belajar di sekolah kadang menjadi momok menakutkan bagi anak. Terutama bagi mereka yang kurang memahami mata pelajaran dengan baik. Di sini diperlukan peran dan perhatian lebih orangtua kepada anak.
- Masalah sosial
Gangguan, ejekan, dan perasaan tersisihkan dari teman sebaya sangat mempengaruhi emosi jiwa anak. Perhatikan jika terdapat perubahan sikap anak dari ceria menjadi murung. Bisa jadi, ini penyebab anak stres.
- Merasa tidak disayang orangtua
Anak-anak adalah pribadi yang unik. Meski bersaudara kandung, antara kakak dan adik memiliki kepribadian dan sifat berbeda. Mereka juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hindari membandingkan mereka dan menonjolkan kasih sayang berbeda.
Ciri-ciri
Sebenarnya, ciri-ciri anak sedang stres mudah dikenali .Anak yang stres biasanya mengalami perubahan perilaku. Dari yang semula riang, mendadak murung. Berikut ciri umum yang ditunjukkan anak ketika stres.
- Fisik
Mengompol, susah tidur, nafsu makan turun, sakit perut, gagap, mimpi buruk dan sakit kepala, menjadi ciri fisik yang dialami anak stres.
- Emosi
Gejala emosi anak diliputi rasa bosan, tidak ada keinginan terlibat kegiatan di sekolah atau di rumah, marah, takut, menangis, berbohong, berlaku kasar kepada teman, bereaksi berlebihan terhadap hal sepele, dan melorotnya nilai akademik.
- Kognitif
Mendadak kehilangan konsentrasi saat belajar di sekolah dan kurang minat menyelesaikan pekerjaan sekolah, suka menyendiri dalam waktu lama.
- Tingkah laku
Anak tidak mampu mengontrol emosi, bersikap brutal, keras kepala, dan tempramen. Tanda lain yang bisa Anda amati yakni terjadi perubahan pola tidur, muncul kebisaan baru seperti menghisap jempol, memilin rambut, dan mencubit hidung. (berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment